Bank Muamalat Salurkan Pembiayaan ke PNM Senilai Rp 500 Miliar

0

Chief Wholesale Banking Officer Bank Muamalat Irvan Y. Noor.

JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyalurkan pembiayaan kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) senilai Rp 500 miliar. Dana tersebut akan digunakan sebagai pembiayaan modal perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro melalui produk Mekaar Syariah milik PNM. Pembiayaan ini menggunakan akad Al-musyarakah dengan tenor maksimal 12 bulan.

Seremoni penandatanganan kerja sama tersebut sudah dilaksanakan di Kantor Pusat PNM, Jakarta, Rabu (2/11/2022). Acara tersebut dihadiri Chief Wholesale Banking Officer Bank Muamalat Irvan Y. Noor dan Direktur Keuangan dan Operasional PNM Ninis Kesuma Adriani.

Irvan mengatakan, PNM menjadi nasabah Bank Muamalat sejak 2000. Sebelumnya, lembaga tersebut juga pernah mendapatkan fasilitas pembiayaan dari perseroan, baik berbentuk bilateral maupun sindikasi. Pihaknya berharap kerja sama lanjutan tersebut mampu meningkatkan portofolio pembiayaan perseroan, khususnya di segmen korporasi.

“Histori kemitraan antara Bank Muamalat dan PNM terjalin selama lebih dari dua dekade baik dalam bentuk funding maupun lending. Karena itu, penyaluran pembiayaan ini merupakan kelanjutan dari hubungan kerja sama yang sudah terjalin dengan erat. Semoga ini menjadi momentum yang baik dan bisa berlanjut dalam ekosistem bisnis yang lebih luas lagi,” kata Irvan.

Pada Desember 2021, Bank Muamalat juga berpartisipasi dalam penyaluran fasilitas modal kerja sindikasi syariah. Tujuan penyaluran adalah pembiayaan pada nasabah PNM melalui produk ULaMM dan Mekaar Syariah. Dukungan Bank Muamalat terhadap program-program PNM tersebut merupakan wujud komitmen perseroan memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terbukti mampu bertahan menghadapi gejolak ekonomi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *