PTPN IV Regional 4 dan Dinas Perkebunan Jambi Adakan Bimtek Guna Peningkatan Kualitas Benih Tanaman Perkebunan

0

Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Produsen Benih Tanaman Perkebunan berjalan lancar.

JAMBI – Kualitas benih kelapa sawit yang unggul dan bersertifikat memiliki dampak signifikan dalam hasil produksi perkebunan. Karena itu, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 dan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi mendorong kesadaran para pembuat bibit kelapa sawit akan pentingnya hal tersebut. Karenanya, dua lembaga tersebut menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Produsen Benih Tanaman Perkebunan.

Bimtek tersebut dihadiri Dirjen Pembenihan Kementerian Pertanian Perkebunan Gunawan SP MSi, Kepala Dinas Perkebunan Jambi Ir Agus Rizal, SEVP Operation PTPN IV Regional 4 Ifri Handi Lubis, dan Pemulia Tanaman Dr Retno Hulupi. Acara bimbingan tersebut diadakan di Mess Kebun Teh Kayu Aro Kerinci milik PTPN IV Regional 4 Jambi, Rabu (21/2/2024).

“Langkah dan arah benih yang kita tanam akan berdampak pada hasil produksi dan produktivitas tanaman selama siklus tanam hingga 40 tahun. Karena itu, kita membutuhkan benih yang unggul, bersertifikat, dan memiliki label jaminan mutu benih,” ungkap Agus Rizal.

Agus menekankan pentingnya kualitas tenaga produsen dalam memastikan kualitas benih. Karena itu, Agus mengajak PTPN IV Regional 4 Jambi memberikan bimbingan kepada produsen bibit. Terutama dalam hal peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan handal dalam proses pembibitan yang unggul. Hal ini mencakup penerapan standar pembenihan yang diakui secara nasional oleh Kementerian Pertanian dan Perkebunan.

“Untuk mendapatkan benih unggul, produsen juga harus memiliki keterampilan yang unggul dan handal. Dengan begitu, saat mereka melakukan pembenihan, kita memiliki keyakinan yang lebih besar terhadap kualitas benih yang dihasilkan. Kami akan melakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan standar pembenihan terpenuhi,” imbuh Agus.

Sementara itu, SEVP Operation PTPN IV Regional 4 Ifri Handi Lubis mengatakan, pihaknya memberikan dukungan dan mengapresiasi atas upaya peningkatan kemampuan tenaga pembenihan bibit perkebunan, termasuk kelapa sawit, kopi, dan teh. Menurut Ifri, tenaga pembenihan yang terampil dan berkualitas akan menghasilkan benih unggul dan berlabel standar nasional.

“Kami mengapresiasi upaya ini. Bimtek ini tidak hanya meningkatkan kemampuan tenaga pembenihan, tetapi juga membuka peluang kerja baru. Ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuh Ifri.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *