Sowan Sultan HB X, Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera Tidak Boleh Terlibat Politik

0

Salah satu pengurus Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera saat bertemu Sri Sultan HB X.

YOGYAKARTA – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan dari Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera (Pujasuma), Jumat (1/12/2023). Dalam pertemuan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta ini, Sri Sultan berpesan agar Pujasuma tidak terlibat politik.

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pembina Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera (Pujasuma) Much. Baryadi usai pertemuan. Menurut Baryadi, Sri Sultan mendukung penuh seluruh kegiatan Pujasuma di Sumatera Selatan, asalkan bukan berpolitik.

“Untuk kegiatan budaya dan ekonomi, Ngarsa Dalem mengatakan silahkan untuk dilanjutkan. Namun untuk politik, beliau berpesan jangan bawa-bawa nama Pujasuma. Bagi kami, dukungan politik untuk pasangan capres adalah urusan pribadi masing-masing. Jadi, silahkan atas nama pribadi,” ungkapnya.

Baryadi melanjutkan, keinginannya bersama pengurus Pujasuma lainnya untuk bertemu Sri Sultan, selain bersilahturahmi, juga untuk melaporkan berbagai kegiatan dan program kerja Pujasuma. Menurutnya, selama ini kegiatan Pujasuma selalu fokus pada budaya dan ekonomi.

“Kami datang untuk bersilahturahmi, karena kami yang ada di daerah, kalau datang ke Jogja dan bertemu Sultan itu seperti bertemu Rajanya, hati jadi tenang. Apalagi kegiatan kami di sana di antaranya nguri-nguri kebudayaan Jawa. Misalnya, lewat pagelaran wayang kulit atau apapun juga. Selain itu, banyak pula program kerja untuk memajukan ekonomi,” paparnya.

Baryadi menegaskan, dirinya dan Pujasuma selalu mendoakan Sri Sultan, semoga tetap sehat dan selalu sabar menghadapi segala urusan di Yogyakarta.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *