Edukasi dan Sosialisasi K3 Pertambangan, PT SBI Gandeng ESDM Jawa Tengah

0

Sosialisasi dilakukan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah bersama PT SBI di Cilacap.

CILACAP – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah melalui cabang Dinas ESDM wilayah Slamet Selatan melakukan sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pertambangan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar area pertambangan tanah liat milik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap.

“Kami mengapresiasi kepedulian SBI dengan memberikan edukasi atau penjelasan mengenai K3 kepada warga. Kolaborasi dengan ESDM untuk memberikan edukasi ini adalah bentuk nyata membangun keharmonisan dunia industri dengan lingkungan sekitar,“ kata Mohammad Sholeh S.Kom, M.Kom, narasumber yang mewakili Dinas ESDM, Rabu (08/12/2021).

Sosialisasi diikuti 100 orang yang tinggal di sekitar area penambangan tanah liat di Kelurahan Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi dan Desa Jangrana, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah. Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Camat Jeruklegi, Kapolsek, dan Komandan Distrik Militer Kecamatan Jeruklegi.

Dalam sosialisasi, dijelaskan berbagai peraturan mengenai keselamatan operasional pertambangan, pelarangan kegiatan warga di area pertambangan, serta sanksi hukum bagi pelanggar peraturan pertambangan.

“Kami yakin warga sekitar penambangan tanah liat akan kooperatif dalam hal penegakan peraturan K3 penambangan. Terbukti partisipasi warga dalam sesi-sesi sosialisasi yang rutin dilakukan untuk tetap saling mengingatkan dan membina keharmonisan,“  Community Relations Manager SBI Pabrik Cilacap Dewi Hestyani.

SBI merupakan unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, memanfaatkan tanah liat sebagai salah satu bahan baku pembuatan semen. Sampai 2020, area penambangan tanah liat yang sudah direklamasi atau dihijaukan mencapai 45 hektar dengan penanaman 37.437 pohon.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *