Dari Grassroot, Sejumlah Nama Bakal Calon Rektor Unsoed Bermunculan

0

Kampus Universitas Soedirman di Purwokerto yang terlihat asri.

PURWOKERTO – Tugas Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah Prof Dr Ir Suwarto MS untuk masa bakti periode 2018-2022 bakal berakhir. Suwarto akan mengakhir kepemimpinan sebagai rektor, pada April 2022 mendatang.

Meski masih beberapa bulan lagi, sejumlah nama bakal calon rektor periode 2022-2026 sudah mulai bergulir. Nama-anam yang muncul dari di kalangan akar rumput atau grasroot Unseod.

Sementara itu, Senat Unsoed sebagai panitia penjaringan baru akan membentuk ke panitia pemilihan pada sekitar Oktober 2021 ini.

Sejumlah nama bakal calon (balon) rektor yang bermunculan di kalangan akar rumput, di antaranya Prof Ahmad Sodik yang kini masih menjabat Wakil Rektor 1. Kemudian, ada Prof Dr Hibnu Nugroho MH Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3 Dr Kuat Pujiprayitno, Wakil Rektor 4   Dr  Prihananto, dan Kepala Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Prof Rifda. Selain itu nama-nama seperti Dr Argo, dosen Fakultas Perikanan, dan Prof Ade Maman, mantan Dekan Fakultas Hukum.

Wakil Rektor 2 Unsoed Prof Dr Hibnu Nugroho MH mengaku, tidak tahu-menahu mengenai namanya yang disebut-sebut sebagai balon rektor. Menurutnya, pembentukan panitia pemilihan rektor baru belum dilakukan dan rencananya pada Oktober 2021 ini.

”Jadi, soal itu, silahkan tanya ke Senat Unsoed,” pinta Hibnu yang juga guru besar Fakultas Hukum Unseod tersebut.

Menurutnya, dalam pemilihan rektor, ada mekanisme dan aturannya. Hibnu menolak merinci aturan secara detail yang dimaksud.

Proses pemilihan dari penjaringan calon rektor akan dilaksanakan Senat Unsoed yang beranggotakan wakil rektor, guru besar, dekan, dan perwakilan dosen. Mereka memiliki hak suara dan ditambah suara Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi sebanyak 35 persen.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *