Dorong Transformasi MotionBanking, MNC Investama (BHIT) Gandeng AWS Milik Amazon

0

JAKARTA – Kolaborasi dengan Amazon Web Services (AWS) akhirnya diumumkan PT MNC Investama Tbk (BHIT). Langkah tersebut diharapkan sebagai upaya mendorong transformasi digital dan peningkatan pengalaman pengguna. Apalagi semua tahu, AWS merupakan perusahaan penyedia cloud milik Amazon.com Inc.

Selain untuk bisnis media, kolaborasi ini juga dimanfaatkan oleh perbankan Grup MNC, PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP). Terutama untuk mempercepat peluncuran aplikasi digital milik BABP yang dinamakan MotionBanking.

Diakui, pihak MNC Bank ingin mengulangi kisah sukses bisnis media milik MNC Grup bersama AWS lewat transformasi bisnis jasa keuangan dengan cloud terkemuka di dunia tersebut.

“Pindah ke cloud telah membuka jalan bagi BHIT untuk berinovasi dan menghadirkan pengalaman dengan cara baru,” kata CTO MotionBanking Suparman di Jakarta, Senin (27/09/2021).

Suparman meneruskan, dengan bantuan kapabilitas lanjutan yang ditawarkan AWS, termasuk analitik dan machine learning, kelebihannya adalah bisa memahami konsumen perseroan, memprediksi tren dan preferensi masa depan, serta menyelesaikan berbagai tantangan keuangan.

Menurutnya, AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera dibuka memainkan peranan penting dalam menyediakan keamanan tertinggi dengan latensi yang rendah. Hal tersebut merupakan sesuatu yang penting bagi industri jasa keuangan.

MotionBanking memiliki berbagai layanan keuangan seperti rekening tabungan, transfer, pembayaran kartu kredit, notifikasi real-time, dan lain-lain. Nantinya, perseroan menggunakan kapabilitas cloud AWS untuk menjalankan core banking secara aman di cloud hingga menskalakan mengikuti permintaan nasabah. Missal, BABP berencana membangun gudang data cloud memanfaatkan layanan analitik data AWS untuk menganalisis ratusan juta titik data konsumen secara bersamaan, seperti empat FTA TV MNC Media yang menguasai 54% pangsa pasar, dan 10 juta pelanggan DTH.

Perseron berharap, analisis tersebut memberikan BABP wawasan mengenai nasabahnya. Seperti pola dan tren perilaku, yang memungkinkan MotionBanking menyediakan layanan dan produk keuangan yang disesuaikan, untuk meningkatkan keterlibatan dan pengalaman perbankan digital.

Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto mengatakan, pihaknya menyediakan berbagai pemain bisnis terbesar di Indonesia kapabilitas cloud yang aman, tangguh, dan berstandar global yang dibutuhkan untuk mentransformasi pengalaman pelanggan secara total.

“MNC Group memanfaatkan portofolio layanan cloud AWS untuk mengubah bisnis media dan layanan keuangan, menjawab perilaku dan ekspektasi pelanggan yang berubah-ubah dengan cepat,” katanya.

Gunawan menilai investasi yang berkesinambungan bagi Indonesia dan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang baru akan mempercepat transformasi digital dan mendorong berkembangnya pelaku usaha lokal serta seluruh negeri.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *