Kolaborasi Bank BJB dengan RITS-DWI Dukung Pembayaran Jalan Tol Nir Sentuh

0

Bank BJB menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) mengenai Kerja Sama Penyediaan Layanan Integrasi Pembayaran Jalan Tol tanpa Henti.

JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk.  (Bank BJB) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) mengenai Kerja Sama Penyediaan Layanan Integrasi Pembayaran Jalan Tol tanpa Henti dengan PT Digital Wahana International (DWI) dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS). Penandatangan PKS dilakukan di Gedung T Tower Bank BJB, Rabu (4/10/2023).

Penandatanganan PKS ini dilakukan Pemimpin Divisi Digital Banking Bank BJB Arfianto Ramadhian dengan Presiden Direktur PT Roatex Indonesia Toll System Attila Keszeg dan Direktur PT Digital Wahana International Nurlia Nafusa. Penandatangan ini juga disaksikan Direktur Information Technology, Treasury, and International Banking Bank BJB Rio Lanasier.

Melalui Penandatangan PKS ini, para pihak bersepakat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran jalan tol, sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menggunakan layanan perbankan dalam hal transportasi dan mobilitas.

Kolaborasi yang dilakukan Bank BJB dengan PT Digital Wahana International dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), sekaligus juga merupakan upaya pengembangan bisnis Bank BJB untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan, Bank BJB selalu berkomitmen memberi layanan keuangan berbasis digital yang solutif dan bisa diandalkan. “Sinergi yang dilakukan Bank BJB dimaksudkan untuk mendukung masyarakat dalam mendapatkan pelayanan perbankan dengan mudah dan efisien. Terutama untuk mendukung kelancaran transportasi di jalan tol,” katanya.

Ditambahkan Yuddy, saat ini Bank BJB sudah memiliki teknologi terdepan dalam mendukung berbagai layanan perbankan yang terkoneksi dengan teknologi maupun aplikasi pihak ketiga. Ia memastikan, sistem teknologi informasi Bank BJB akan mampu mendukung layanan pembayaran nir sentuh jalan tol, karena Bank BJB memiliki infrastruktur teknolgi yang memadai, baik hardware dan software.

“Bank BJB senantiasa melakukan pengembangan digitalisasi dengan mengacu pada cover security yang kuat, infrastruktur memadai, dan cloud system mumpuni,” tegasnya.

Komitmen Bank BJB dalam mendukung Penyediaan Layanan Integrasi Pembayaran Jalan Tol tanpa Henti menjadi bukti nyata, bahwa Bank BJB sudah mampu melakukan digitalisasi di semua lini. Termasuk dalam mendukung pembayaran jalan tol nir sentuh.

Sebagai informasi, penerapan sistem transaksi non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol Indonesia sebelumnya dilakukan RITS bekerja sama dengan BUJT untuk lebih lanjutnya akan dikoordinasikan dengan Bank Indonesia. Karena, Multi Lane Free Flow (MLFF) termasuk dalam Sistem Pembayaran.

Nantinya, Roatex berencana membuatkan sistem solusi bernama Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi bernama Cantas.

Dalam aplikasi tersebut sudah ada built-in OBU, sehingga pengguna tol tidak perlu lagi membeli OBU dalam bentuk fisik.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *