Dompet Dhuafa Bersama AXA Mandiri Unit Syariah Salurkan Dana Wakaf Bangun Laboratorium Sekolah

0

Dompet Dhuafa bersama AXA Mandiri Unit Syariah berkolaborasi untuk melengkapi fasilitas praktik Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Budi Bakti.

BOGOR – Perkembangan dunia pendidikan, merupakan salah satu faktor penting untuk menghadapi kemajuan zaman. Sejalan dengan fakta tersebut Dompet Dhuafa bersama AXA Mandiri Unit Syariah berkolaborasi  untuk melengkapi fasilitas praktik Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Budi Bakti.

Hal itu diwujudkan Dompet Dhuafa, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan AXA Mandiri Unit Syariah dengan menyalurkan wakaf dari manfaat polis Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah, pada Jumat (16/6/2023) di Zona Madina Dompet Dhuafa. Dana wakaf yang diterima Dompet Dhuafa akan digunakan untuk pembangunan laboratorium STIM Budi Bakti.

“Setiap pengelola wakaf pasti memiliki kendala, maka itu sangat diperlukan kolaborasi antar pengelola wakaf agar dapat mengoptimalkan wakaf supaya lebih produktif. Jika wakaf produktif dioptimalkan, maka akan lebih banyak memberikan manfaat bagi mauquf alaih (penerima manfaat). Tidak hanya antar nazhir, kolaborasi juga diperlukan dengan berbagai pihak, baik pemerintah, lembaga-lembaga swasta, maupun masyarakat. Sebuah potensi besar tidak akan berjalan sendiri tanpa kolaborasi dengan pihak lain,” ucap Bobby P Manullang selaku GM Wakaf Dompet Dhuafa.

Di sisi lain, Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah adalah solusi perlindungan asuransi dari AXA Mandiri Unit Syariah yang memiliki fitur wakaf. Fitur wakaf tersebut sejalan dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah. Fitur wakaf menjadi pilihan menarik untuk meningkatkan kesadaran berasuransi masyarakat.

Wakaf asuransi merupakan salah satu cara mudah berwakaf yang dapat dilakukan melalui produk asuransi AXA Mandiri Unit Syariah. Pemegang polis asuransi syariah dapat mewakafkan manfaat asuransi yang dimilikinya maksimal sebesar 45% santunan dan atau manfaat investasi sebesar maksimal 30% dari nilai tunai yang diklaim setelah pemegang polis meninggal atau mengalami risiko. Dana wakaf akan diserahkan ke nazhir yang bekerja sama dengan AXA Mandiri.

“Perlindungan asuransi syariah tidak hanya memberikan manfaat proteksi dan perencanaan keuangan sesuai prinsip syariah. Namun juga memberi kemudahan beramal melalui fitur wakaf sehingga solusi perlindungan asuransi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk pemegang polis, namun juga bagi sesama, serta meraih pahala yang tidak terputus,” tutur Direktur AXA Mandiri, Uke Giri Utama.

Selain fitur wakaf, Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah memiliki keunggulan antara lain perlindungan terhadap risiko meninggal dunia akibat kecelakaan saat melakukan ibadah haji atau umrah berupa tambahan 100% santunan asuransi, manfaat meninggal dunia karena sebab apapun, manfaat badal haji, dan pemulasaran jenazah.

Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah dapat ditemukan di cabang Bank Syariah Indonesia (BSI).

Menurut Badan Wakaf Indonesia mencatat perolehan wakaf uang mencapai 1,4 triliun rupiah per Maret 2022. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan perolehan wakaf uang yang terkumpul sepanjang 2018 – 2021 senilai 855 miliar rupiah. Sedangkan berdasarkan Sistem Informasi Wakaf Kemenag (2022), tanah wakaf di Indonesia sudah tersebar di 440,5 ribu titik dengan total luas mencapai 57,2 hektar.

Perlindungan dengan alokasi dana untuk wakaf memiliki tiga kelebihan utama yakni memberikan manfaat asuransi yang menyeluruh, memaksimalkan perencanaan keuangan yang tepat untuk memastikan manfaat perlindungan bagi keluarga/ahli waris di masa depan, serta menyediakan fitur wakaf secara sistematis untuk membantu sesama sesuai dengan prinsip syariah.

Wakaf sebagai instrumen ekonomi Islam memiliki dampak yang begitu besar apabila dioptimalkan sebagai salah satu instrumen ekonomi negara. Dompet Dhuafa mengajak seluruh masyarakat untuk memperbanyak literasi tentang kebaikan-kebaikan wakaf. Dompet Dhuafa dalam mengelola wakaf secara produktif, tidak hanya mengembangkan dari segi manfaat charity, namun juga manfaat ekonomi. Dengan begitu, wakaf akan menjadi sebuah alat untuk bisa memberantas persoalan-persoalan kemiskinan masyarakat dhuafa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *