Kampanyekan Edukasi #SerunyaBelajar, Kemendikbudristek Gandeng TikTok  

0

MoU antara Kemendikbudristek dengan pihak TikTok.

JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Bersama TikTok meluncurkan kampanye edukasi #SerunyaBerlajar edisi terbaru. Kerja sama tersebut ditandai pendatanganan memorandum of understanding (MoU) di Jakarta.

“Generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang bisa mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis,” kata Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Anang Ristanto usai penandatangan, Senin (24/10/2022).

Ia meneruskan, Program Merdeka Belajar bisa mendukung semua transformasi di sektor pendidikan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digital.

“Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan TikTok, kami berharap wadah tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja. Namun, dalam hal kemampuan literasi digital yang baik,” paparnya.

Anang menjelaskan, kampanye tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat. Termasuk pelatihan bootcamp dalam mengembangkan skill. Kampanye #SerunyaBelajar berupaya membuat belajar jadi lebih menyenangkan, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu. Terutama, bagi kaum muda dan komunitas TikTok.

Lewat kategori konten edukasi di bawah tagar #SerunyaBelajar diharapkan bisa meningkat di TikTok dan memiliki lebih dari 13 miliar views. Hal ini menunjukkan adanya semangat belajar yang terus tumbuh di antara komunitas TikTok.

“Kami melihat di TikTok, belajar merupakan kegiatan yang bisa dilakukan dengan cara menyenangkan. Mulai dari belajar hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda bisa terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia,” kata Public Policy & Government Relations TikTok Indonesia Faris Mufid.

Kampanye #SerunyaBelajar terbaru menghadirkan rangkaian kegiatan seru dalam mendukung dan memberdayakan komunitas untuk menghasilkan karya kreatif dan positif di Indonesia. Kegiatan tersebut, di antaranya kompetisi #SerunyaBelajar, bootcamp #SerunyaBelajar, festival #SerunyaBelajar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *