Metranet, Anak Usaha Telkom Manfaatkan Solusi ERP dari RUN System 

0

Kerja sama antara Metranet dengan RUN System.

JAKARTA – RUN System semakin gencar mendukung akselerasi transformasi digital di seluruh sektor industri di Indonesia. Belum lama ini, RUN System dipercaya untuk mendukung digitalisasi pada salah satu anak usaha milik Telkom, PT Metra-Net (Metranet).

Hal ini ditandai diselenggarakannya kick-off implementasi yang dihadiri perwakilan manajemen kedua pihak, akhir kuartal ketiga 2022 di Jakarta. Kolaborasi tersebut untuk mendukung strategi pemerintah mengoptimalisasi transformasi digital di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negarea (BUMN) Republik Indonesia Erick Thohir menyampaikan tiga strategi besar transformasi digital BUMN. Pertama, melalui pembangunan dan pengembangan infrastruktur digital yang merata di seluruh penjuru Indonesia. Kedua, berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat digital. Ketiga, mengakselerasi ekosistem ekonomi digital. Pada kesempatan berbeda, Erick Thohir menyatakan, jumlah BUMN, termasuk anak perusahaan serta afiliasi di Indonesia berjumlah lebih dari 500 perusahaan.

Sementara itu, Telkom Group sendiri sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi di Indonesia memiliki 90 anak usaha dan afiliasi. Metranet bergabung dengan puluhan BUMN dan anak perusahaan BUMN yang menggunakan RUN System ERP, yang memiliki lokal konten 100%.

Metranet merupakan salah satu anak perusahaan Telkom yang fokus pada percepatan transformasi digital. Dikutip dari Annual Report 2021 perseroan, Metranet fokus pada pengembangan bisnis pada Digital Advertising, Big Data, Financial Services, Digital Content, B2B E-Commerce, dan Digital Adjacent Service. Dengan kata lain, kolaborasi ini juga mengekspansi pasar RUN System ke berbagai industri digital baru, melalui anak perusahaan Metranet yang bergerak di berbagai bidang teknologi digital. Seperti penyedia layanan pembayaran mobile, perdagangan elektronik, hingga hiburan digital.

Kerja sama dengan Metranet, membuktikan kapabilitas RUN System sebagai penyedia solusi ERP (Enterprise Resource Planning) yang handal dengan kompatibilitas di semua sektor dan industri guna mencapai target digitalisasi pemerintah di Indonesia. Ini sekaligus juga memperkuat kepercayaan publik terhadap layanan dan solusi yang diberikan RUN System dalam membantu mempermudah proses bisnis dan administrasi di berbagai sektor industri melalui digitalisasi.

Di sisi lain, pemerintah berupaya mengembangkan hilirisasi rantai pasokan di Indonesia yang didukung ekosistem digital yang bisa menghubungkan pemain industri bahan baku (hulu) dengan industri barang jadi (hilir).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan pada Investor Daily Summit tanggal 13 Oktober 2022 lalu mengatakan, kunci pertumbuhan ekonomi berada pada hilirisasi yang didukung ekosistem layanan digital lokal. Ia melanjutkan, salah satu prioritas pemerintah dalam hal tersebut adalah digital procurement melalui e-Katalog untuk mendorong pembelian produk dalam negeri serta integrasi dengan industri logistik Indonesia. Ini sesuai target peningkatan TKDN (Total Komponen Dalam Negeri) menjadi 50% pada tahun 2024.

Hal ini juga didukung investasi pemerintah pada dana desa, yang salah satunya ditujukan untuk pengembangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan UMKM desa.

RUN System, selain dengan produk ERP-nya berkomitmen mendukung strategi tersebut dengan serangkaian solusi digital lain yang ditawarkan. Seperti RUN Market (Marketplace Digital), IKAS (P2P Point of Sales untuk UMKM dan BUMDes), serta R1 (ERP untuk usaha segmen menengah).

Harapannya, dengan berbagai solusi yang dimiliki, akan memperkuat ekosistem digitalisasi yang akan mendukung pemerintah dalam transformasi ekonomi dan digital di Indonesia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *