BI: Ada 21.000 Orang Sudah Tukarkan Uang untuk Berlebaran

0

Kantor Bank Indonesia (BI) Pusat.

JAKARTA –  Antusiasme masyarakat akan penukaran uang untuk kebutuhan Idul Fitri cukup tinggi tahun ini.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, dari awal periode penukaran uang Lebaran hingga 21 April 2022 sudah 21.100 orang yang melakukan penukaran uang. Jumlah penukar sampai Kamis (21/04/2022), sebanyak 21.100 orang dan secara nominal berjumlah Rp 810 miliar.

“Kami meyakini jumlah penukar bisa makin tinggi. Menurut perkiraannya saat ini pun belum mencapai periode puncak penukaran uang,” kata Marlison di Kompleks Bank Indonesia (BI) Pusat, Jumat (22/04/2022).

Marlison menduga, puncak penukaran uang akan ada di akhir pekan ini hingga sekitar Selasa minggu depan. Ini seiring dengan masih banyak yang belum mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) hingga kini dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Apalagi, setelah mereka mendapatkan THR maupun BLT, pada periode perkiraan tersebut peningkatan jumlah penukar maupun nominal uang akan meningkat.

Sejauh ini, BI dan perbankan menyediakan layanan penukaran uang. Masyarakat yang ingin menukarkan uang langsung ke BI hanya perlu mendaftar di situs resmi https://pintar.bi.go.id/ sebelum datang ke lokasi atau mobil keliling penukaran.

Untuk memberikan layanan penukaran yang maksimal menjelang Lebaran, pada hari Sabtu dan Minggu ini, BI membuka layanan kas keliling dengan mobil BI di beberapa titik. Di antaranya, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, serta Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Pulogebang.

“Kami buka mulai pukul 09.00 sampai dengan selesai. Kalau di jadwal sih sampai pukul 14.00. Namun, kami akan layani sampai selesai,” imbuh Marlison.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *