Bahas Haji 2022, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Segera Terbang ke Arab Saudi  

0

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan bertolak ke Arab Saudi dalam waktu dekat. Rencananya, Menag Yaqut dijadwalkan bertemu Menteri Haji Saudi.

Pertemuan kedua pihak tersebut untuk membahas persiapan penyelengaraan ibadah haji tahun 2022 ini. Menag juga akan menjajaki kemungkinan memanfaatkan kuota negara lain yang tidak terserap habis.

“Kami tengah mempelajari dan akan bertemu dengan Menteri Haji Saudi untuk membahas negara-negara yang tidak memanfaatkan kuota hajinya agar bisa digunakan Indonesia,” ungkap Menag saat menerima audiensi Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi di Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Mendampingi Menag, ada Dirjen Penyelengaraan Haji dan Umroh (PHU) Hilman Latif, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo dan Abdul Rochman, serta Staf Ahli Menag Hasan Basri Sagala.

Selain masalah haji, pertemuan Menag dengan Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi membahas rencana kunjungan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh ke Indonesia.

Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi berterima kasih pada pemerintah Indonesia yang mengundang Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh ke Indonesia.

“Kami berterima kasih atas undangan kepada Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh untuk ke Indonesia. Undangan tersebut langsung direspons Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh,” kata Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi.

Syeh mengaku nyaman di Indonesia karena Kemenag, NU, dan ormas Islam lainnya merupakan sahabat.

“Kemenag dan NU adalah dua sektor penting bagi Kerajaan Arab Saudi,” imbuh Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi, yang sebelumnya bertemu Ketua PBNU KH.Yahya Cholil Staquf.

Menag mengaku senang dengan rencana kunjungan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh ke Indonesia. “Waktu saya ke Saudi dan bertemu dengan Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh, beliau menyambut kami dengan baik dan berkesan. Ini membuat saya berutang untuk menyambut dan melayani beliau saat berkunjung ke Indonesia nanti. Kami akan berusaha sebaik-baiknya terkait kunjungan Menteri Urusan Islam ke Indonesia seperti bertemu dengan presiden dan ormas Islam di Indonesia,” kata Menag.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *