Komunitas SEVIMA Tawarkan Beasiswa SEMESTA Bidang IT 

0

para peraih beasiswa SEMESTA dari SEVIMA.

JAKARTA – Tahun ini, Komunitas SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama) kembali meluncurkan Beasiswa SEMESTA yang ke empat. Peluncuran ini seiring dimulainya penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Peluncuran beasiswa dilakukan secara virtual. Senin pagi (07/03/2022) dan dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Empat Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta puluhan gubernur, wali kota, bupati, dan kepala lembaga dari seluruh Indonesia, serta CEO SEVIMA Sugianto Halim. Tidak ketinggalan, ribuan siswa dari penjuru Indonesia juga mengikuti peluncuran beasiswa tersebut melalui platform zoom dan youtube.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan, Beasiswa SEMESTA merupakan kesempatan emas bagi para calon mahasiswa. Terlebih pada 2022 ini, Beasiswa SEMESTA akan memberikan kuliah gratis di jurusan Teknik Informatika serta gaji bagi 50 putra-putri bangsa.

“Beasiswa SEMESTA ini, memberikan kesempatan kuliah sarjana S1 gratis kepada masyarakat yang kurang mampu yang ini berkuliah di Teknik Informatika atau IT di kampus-kampus favorit di Indonesia. Selain itu penerima beasiswa yang memenuhi syarat juga akan menerima gaji dari SEVIMA. Ini merupakan kesempatan emas yang tak bisa dilewatkan,” ungkap Bambang Soesatyo saat peluncuran beasiswa.

Sementara itu, CEO SEVIMA Sugianto Halim mengungkapkan, Beasiswa SEMESTA didanai penuh oleh SEVIMA untuk memfasilitasi kuliah sarjana di jurusan IT secara gratis. Selama masa studi, para peraih beasiswa juga akan mendapatkan pelatihan, serta kesempatan bekerja dan mendapat gaji bulanan bagi mereka yang memenuhi syarat.

Beasiswa ini terbuka untuk siswa kelas tiga maupun alumni SMA/SMK/MA sederajat. Tersedia 50 beasiswa untuk diperebutkan di tahun ini, dengan total nominal beasiswa mencapai Rp satu miliar.
“Sebanyak 50 anak tersebut bisa berkuliah di kampus-kampus favorit di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan SEVIMA dalam program beasiswa ini. Di antaranya, Universitas Siber Asia, Universitas Insan Cita Indonesia, Universitas Muhammadiyah Siber, serta banyak lainnya,” papar Halim.

Fokus Beasiswa SEMESTA dalam menyediakan kuliah sarjana di jurusan IT, lanjut Halim, bukan tanpa alasan. Saat ini, dunia tengah menghadapi revolusi industri ke empat, di mana kemampuan menguasai teknologi menjadi sangat penting.

Selain itu, minat masyarakat dalam berkuliah di jurusan IT juga terbukti sangat tinggi. Data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan TInggi (LTMPT) pada 2021, Teknik Informatika menjadi Program Studi Saintek yang paling diminati dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Beasiswa SEMESTA merupakan wujud peran aktif SEVIMA di bidang edukasi dalam membangun SDM unggul di Indonesia. Dengan memberikan kesempatan kepada putra-putri bangsa Indonesia untuk mendapatkan pendidikan tinggi (sarjana) yang berkualitas, khususnya di bidang IT,” lanjutnya.

Untuk mendaftar beasiswa tersebut cukup mudah. Calon mahasiswa cukup mengisi formulir dan berkas administrasi di website maukuliah.id/beasiswa-semesta. Nantinya, peserta diseleksi melalui tes berbasis komputer (CBT) dan tes pemrograman (hackaton).

“Pendaftaran cukup mudah dan bisa dilakukan secara online. Pendaftaran dibuka hingga 30 April 2022,” imbuh Halim.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menambahkan soal urgensi peningkatan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan. Kemajuan di bidang IT, sudah ditunggu-tunggu masyarakat.

“Semua kalangan bisa meraih beasiswa ini. Para adik-adik yang meraih beasiswa nantinya akan turut serta berkontribusi meningkatkan sumber daya manusia dan menghasilkan efek yang positif untuk pembangunan Indonesia,” ungkap Moeldoko, didampingi Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Ketua PGRI Djoko Adi Waluyo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, bagaimana pun anak bangsa yang kompeten di bidang IT juga bisa mendukung kemajuan di sektor industri lainnya. Termasuk di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, perhubungan, hingga usaha kecil menengah.

“Inilah saatnya untuk terus lakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Adanya beasiswa ini bisa membentuk SDM Indonesia yang maju dan unggul, dan dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa di berbagai sektor!,” ujar Sandiaga Uno yang diamini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar putra-putri bangsa yang menguasai IT memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah.

“Kemampuan di bidang IT yang dihadirkan Beasiswa SEMESTA akan menjadi pengungkit yang membuka pintu baru kesejahteraan, bagi warga Jakarta, dan seluruh daerah di Indonesia,” tegas Anies.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *