Program CSR, PT SBI Tbk Salurkan Bantuan Bergulir Kambing

0

Kambing jenis unggul disalurkan kepada warga sekitar area penambangan milik PT SBI Tbk.

CILACAP –PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, unit usaha PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk atau SIG memiliki kepedulian terhadap warga sekitar. Terutama pada warga di sekitar area penambangan tanah liat di Desa Jangrana Kecamatan Jeruklegi Cilacap. Kepada mereka diberikan kambing unggulan jenis Jawa Randu untuk dikembangbiakan atau diternakan.

“ Pemberian kambing jenis unggul Jawa Randu bagian dari pemberdayaan, warga penggarap akan beralih profesi dari bercocok tanam menjadi peternak. Peralihan ini tentu merupakan hal yang terbaik bagi warga dan keberlangsungan operasi penambangan yang aman,“ kata Community Relations Manager PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Dewi Hestyani, Kamis (11/11/2021).

Penyerahan delapan kambing bagi warga yang ada di RT 1 dan RT 2, RW 7 sudah dilakukan Rabu (10/11/2021).

“Alhamdulillah, bertepatan dengan Hari Pahlawan, kami mendapatkan bantuan bergulir delapan kambing jenis unggul untuk dikembangkan bersama . kami berharap, semua kambing bisa beranak pinak dan memberikan hasil yang baik,” kata Muhtarom (46), salah satu warga Jangrana.

Selanjutnya, warga akan membentuk Kelompok Tani Ternak Kambing (KTT) Manda Makmur. Kelompok ini beranggotakan 14 orang dan menjadi peternak Kambing Jawa Randu sebagai sumber penghasilan.

Tiga sasaran nilai ekonomi dari beternak kambing ini. Yakni, memperbanyak peranakan, penggemukan kambing untuk diperjual-belikan, dan penghasil susu kambing.

“Kami berharap KTT Manda Makmur berhasil seperti KUB ( Kelompok Usaha Bersama ) Manda Sejahtera yang lebih dahulu terbentuk tahun 2017 di Desa Kuripan Kecamatan Kesugihan. KUB Manda Sejahtera juga sama, yaitu peternakan kambing dan sudah dinikmati warga,” kata Dewi.

Pilihan Kambing Jawa Randu karena memiliki nilai jual cukup tinggi di pasar hewan. Selain memiliki daging berkualitas tinggi, jenis kambing itu juga bisa menghasilkan susu. Nilai ekonomisnya, untuk kategori umur bulan atau anakan, biasa dijual dengan harga Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribu. Sedangkan yang siap dipotong berumur satu tahun ke atas, bisa dijual mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 4 juta. Tentu saja disesuaikan kondisi kambing, jenis kelamin, dan waktu jual.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *